FH UNMA

FH UNMA

Rabu, 27 April 2011

FH UNMA Banten

 
Struktur Organisasi Fakultas
     
Dekan  : Epi Hasan Rifa’i, S.H., M.H.
Pembantu Dekan I   : Holil, S.H.,M.H.
Pembantu Dekan II  : Siti Nurbani, S.H., M.Hum.
Pembantu Dekan III : Agus Rukhban T., S.H.
Bagian Umum dan Keuangan : Leni Martini, S.H.
Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan   : - Rizal Rohmatullah, SE.,MM
- Hafidz Zulqarnain
 
 
 
Sejarah Singkat

Fakultas Hukum Universitas Mathla’ul Anwar ( FH UNMA ) merupakan salah satu dari sebelas fakultas yang bernaung di bawah Universitas Mathla’ul Anwar. Fakultas Hukum Unma memiliki ijin operasional yang ditetapkan pada tanggal 8 Agustus tahun 2001 oleh Menteri Pendidikan Nasional yang ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan Nomor: 115/D/O/2001, yang selanjutnya dikuatkan dengan akreditasi Dikti No. 3982 D/T/2003. Fakultas ini tercatat sebagai fakultas tertua ketiga di Unma setelah Fakultas Agama dan Ekonomi, tetapi secara embrio Fakultas Hukum Unma Sudah Berjalan dari Tahun Akademik 1998/1999.

Sebagai lembaga pendidikan, Fakultas Hukum terus berbenah diri untuk mengembangkan kemampuan yang ada, baik akademik maupun aspek sarana dan prasarananya. Sejak awal, fakultas ini telah mengidentifikasikan diri sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Hukum yang membantu tugas pemerintah dan masyarakat, dengan komitmen menyelenggarakan pendidikan dalam rangka membangun kesadaran intelektual dibidang Ilmu Pengetahuan dan Hukum. Berkat upaya ini, pada tahun 2007 Fakultas Hukum Unma berhasil mendapat Akreditasi C dengan Surat Keputusan BAN PT No. 019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006 dan sekarang dalam proses pengajuan Akreditasi B pada Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Fakultas Hukum Unma juga dituntut untuk membuktikan diri sebagai Fakultas Hukum yang mampu menghasilkan kompetensi lulusan dan dapat memberikan kontribusi pada dunia kerja maupun pengguna, seperti: Pegawai Negeri, Jaksa, Hakim, Polisi, Advokat, Notaris, Arbiter, Guru, Dosen, Staf Ahli Hukum, Jurnalis, Perancang Undang-undang, Konsultan hukum yang ahli merancang legal opinion, legal memorandum, legal Research, legal contrakct drafting, legal audit, legal drafter baik dilembaga Pemerintah maupun Swasta, dan lain-lain.

Sehingga Fakultas Hukum Unma pada akhirnya harus menjadi kepercayaan masyarakat atau Stakeholders untuk mendidik putra¬-putrinya. Tentu saja, kepercayaan masyarakat ini menjadi tantangan berat yang harus dijawab oleh Fakultas Hukum Unma melalui proses dan keluaran pendidikan yang berkualitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat pengguna.

Visi

Mewujudkan Sarjana Hukum Yang Berkualitas, Mandiri, Kompetitif, dan Bertaqwa

Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Hukum Kepada Masyarakat.
  2. Membangun Landasan bagi tumbuh kembangnya Kesadaran Intelektual di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Hukum.
  3. Membangun kerjasama dengan instansi terkait guna memberikan Kontribusi dalam Penegakan dan kesadaran hukum pada Masyarakat Banten Khususnya dan Indonesia Pada Umumnya.
Tujuan

Membekali peserta didik dengan membangun landasan tentang kesadaran Intelektual dibidang Ilmu Hukum melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat pengguna khususnya masyarakat Banten dan Indonesia pada umumnya.

Program Studi

Terdapat satu program studi, yakni Ilmu Hukum (S1) Program studi ini sudah terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan surat ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi nomor : 115/D/O/2001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar